whatsapp chat

Pekerjaan teknisi servis, diubah oleh teknologi

Teknologi dapat membawa tingkat keamanan, transparansi, dan kecerdasan baru ke pemeliharaan peralatan. Teknisi servis Jesús González menggunakan KONE 24/7 Connected Services untuk langsung menemukan potensi masalah dan meningkatkan standar layanan.

25 Januari 2021

Pada tahun sembilan puluhan, Jesús González biasa mengutak-atik komputer dan perangkat elektronik Spectrum miliknya, melakukan pemrograman sederhana. Dia tidak pernah membayangkan bahwa suatu hari sistem komputer akan menjadi rekan terbaiknya di tempat kerja.

Jesús, seorang teknisi servis yang membanggakan di Barcelona, Spanyol, telah bergabung dengan KONE sejak kami mengakuisisi perusahaan tempatnya bekerja satu dekade lalu. “Saya selalu bekerja dengan elevator, sejak saya pertama kali mencari pekerjaan ketika saya masih jauh lebih muda,” kenangnya. Dia begitu terpesona oleh teknologi sehingga dalam 30 tahun dia tidak pernah tergoda untuk mencari di tempat lain.

Jesús González bangga atas perannya dalam menawarkan pemeliharaan prediktif yang cerdas untuk menjaga agar situs pelanggan tetap berjalan dengan aman dan lancar, 24/7.
Jesús González bangga atas perannya dalam menawarkan pemeliharaan prediktif yang cerdas untuk menjaga agar situs pelanggan tetap berjalan dengan aman dan lancar, 24/7.

Bagi Jesús, yang membedakan KONE adalah komitmen terhadap keselamatan. “Dalam pekerjaan ini, banyak situasi yang tidak aman dapat muncul, dan ada banyak tekanan dari klien yang menginginkan elevator diperbaiki dengan cepat. Namun di KONE, keselamatan adalah prioritas, tanpa kompromi.”

Aspek khas lain dari pekerjaannya adalah kesejajaran yang menarik antara kecintaan Jesús terhadap buku dan film dan solusi pemeliharaan prediktif yang ia gunakan, KONE 24/7 Connected Services. Dengan menggunakan sensor, analitik, dan komputasi awan, rangkaian layanan ini dapat membantu teknisi melihat pola dan mengantisipasi masalah, seperti versi digital Sherlock Holmes yang dipadukan dengan ketersediaan pramutamu sepanjang waktu.

Pemantauan dan analisis sepanjang waktu

Data dari sensor elevator dapat dipantau, dianalisis, dan ditampilkan secara real-time, meningkatkan kinerja, keandalan, dan keamanan peralatan. Kemampuan KONE 24/7 Connected Services membantu teknisi kami melayani pelanggan dengan lebih baik, dengan membuat bangunan mereka lebih fungsional dan ramah pengguna.

Beginilah cara dia menjelaskan teknologi ini kepada klien: “Saya yang datang untuk panggilan layanan bulanan, tetapi sistem mengawasi lift tanpa henti dan menjalankan analisis, memastikannya bekerja dengan benar siang dan malam.” Saat ini dimungkinkan untuk menganalisis data dari lebih dari 200 parameter. Sistem dapat memantau tindakan seperti perilaku membuka dan menutup pintu, posisi dan pergerakan poros elevator, statistik penggunaan, akurasi penghentian, jarak tempuh, dan waktu berkendara.

“Untuk klien, pemantauan konstan ini merupakan keuntungan besar. Ini memastikan bahwa elevator berfungsi sebagaimana mestinya.”

Dalam kebanyakan kasus, klien mungkin tidak mengetahui secara eksplisit bahwa layanan ini terlibat, tetapi mereka akan mengetahui kecepatan layanan. “Jika masalah teratasi, tidak memerlukan suku cadang tambahan, dan elevator berfungsi, klien merasa nyaman.”

Jesús pernah mendapat peringatan dari aplikasi KONE 24/7 Connected Services dan, ketika dia tiba di properti, presiden asosiasi pemilik rumah terkejut. "Saya memberi tahu dia bahwa baterainya tidak berfungsi, bahwa saya telah membawa yang baru yang hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menggantinya." Dia terkesan dengan keakuratan layanan. “Yang bisa saya jelaskan hanyalah bahwa ‘lift memberi tahu saya,’ tanpa merinci tentang teknologi di balik sistem pemeliharaan prediktif kami.”

Pria di belakang lift lancar

Menurut Jesús, ini adalah aplikasi Internet of Things yang sangat praktis dan spesifik, dengan masalah privasi yang tercakup dalam strategi keamanan siber KONE.

“Selama bertahun-tahun, mengekstraksi data dari elevator dapat dilakukan, tetapi bagian yang sulit adalah menganalisisnya,” jelasnya. “Keuntungan dari sistem kami adalah bahwa ia membuat analisis itu dan memperingatkan Anda tentang apa yang mungkin tidak berfungsi. Jelas, ini menghemat banyak waktu dan Anda bisa langsung ke masalah.”

Bagi Jesús, KONE 24/7 Connected Services telah terbukti sangat berguna untuk mendiagnosis kesalahan intermiten, atau gangguan yang terkadang hanya mengalami kegagalan fungsi dan berfungsi normal saat teknisi datang.

“Kesalahan semacam ini akan membuat kami gila sebelumnya karena kami tidak tahu penyebabnya, selain dari pengalaman profesional dan intuisi. Dengan teknologi baru ini, kami dapat menganalisis apa yang terjadi di masa lalu.” Teknisi dapat 'melihat ke belakang' dan melihat kondisi lift pada waktu tertentu, mengapa lift berhenti dan mengapa lift bekerja kembali.

Teknologi dan pengetahuan manusia saling melengkapi, dan Jesús menjelaskan caranya: di awal musim dingin dan dengan penurunan suhu yang tiba-tiba, dia mengantisipasi lift akan mengalami hambatan musiman yang khas dan panggilan layanan akan meningkat. “Saya tahu ini dari pengalaman, sebelum KONE 24/7 Connected Services memberi tahu saya,” kata teknisi ahli ini dengan percaya diri.

Apa yang harus dibaca selanjutnya:

  • Lift yang paling cerdas berhak mendapatkan perawatan yang paling cerdas
  • KONE Care DX – masa depan pemeliharaan cerdas dan berkelanjutan

Jesús González

img_KONE-Profile-Jesus-Gonzalez-03_360x527

Apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda?
“Awalnya adalah penemuan teknologi baru. Sekarang, saya menikmati menjadi berguna bagi orang-orang dan mengetahui bahwa saya sedang melayani orang lain; misalnya, seseorang dengan penyandang disabilitas yang memerlukan lift.”

"Jika saya bisa berganti pekerjaan hanya untuk satu hari, saya akan penasaran untuk melihat sisi teknik elevator - bagaimana mereka dirancang dan didesain."

Apa prioritas Anda saat melakukan panggilan layanan pelanggan?
"Keselamatan: Ini selalu jelas sejak saya mulai bekerja dengan elevator. Ketika saya tiba di lokasi, itulah hal pertama yang saya pertimbangkan: memastikan semua orang dan semuanya aman.”

Apa yang membuatmu bangun dari tempat tidur di pagi hari?
“Melihat bahwa pekerjaan yang saya lakukan bermanfaat. Jika saya tidak melakukan pekerjaan saya dengan baik, kehidupan orang lain mungkin akan lebih sulit.”

“Ketika saya menindaklanjuti kesalahan intermiten, saya memeriksa aplikasi 24/7 ketika saya bangun, untuk melihat apakah lift juga mengalami malam yang baik!”

Apa kebiasaan terbaik Anda yang membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik?
“Sekarang saya lebih tua, saya dapat memanfaatkan pengalaman saya selama bertahun-tahun untuk menginformasikan keputusan saya sebelum bertindak. Kebiasaan ini sangat diperlukan dalam hal keselamatan, karena apa yang Anda lakukan dapat berakibat.”

Bagikan halaman ini

WELCOME TO KONE!

Are you interested in KONE as a corporate business or a career opportunity?

Corporate site

Would you like to find out more about the solutions available in your area, including the local contact information, on your respective KONE website?

Your suggested website is

United States

Go to your suggested website